Jumat, 22 Juni 2012

Piano Lesson No.11

~LESSON NO.11:
Notes



NOTE VALUE and REST
ini adalah penjabaran Nama Not dan Nilai ketukannya:

Whole note (semi breve) = not penuh (4 ketuk)

Half note (Minim) = not 1/2 (2 ketuk)



Quarter note (Chrotchet) = not 1/4 (1 ketuk)





Eight note (Quaver) = not 1/8 (1/2 ketuk)



Sixteenth note (Semi quaver) = not 1/16 (1/4 ketuk)



Thirty-second note (Demisemi quaver) = not 1/32 (1/8 ketuk)



perbandingan nilai ketukan (ratio):
1 not penuh = 2 not 1/2 = 4 not 1/4 = 8 not 1/8 = 16 not 1/16 = 32 not 1/32

REST
REST adalah tanda istirahat, jadi saat tanda ini muncul dalam not balok, kita harus diam tidak memainkannya (kalau di piano, tangan-nya kita angkat). nilai tanda istirahat sama dengan nilai not, bedanya kalau not dimainkan, tanda isitrahat tidak dimainkan sesuai dengan durasi nilainya.

contoh:
jika terdapat tanda istirahat 1 ketuk, maka kita harus diam 1 ketuk.
jika ada tanda isitirahat 2 ketuk, maka kita diam 2 ketuk, dst dst.
berikut symbolnya:

Whole rest (semi breve) = istirahat penuh (4 ketuk)

Half rest (Minim) = istirahat 1/2 (2 ketuk)



Quarter rest (Chrotchet) = istirahat 1/4 (1 ketuk)



Eight rest (Quaver) = istirahat 1/8 (1/2 ketuk)



Sixteenth rest (Semi quaver) = istirahat 1/16 (1/4 ketuk)



Thirty-second rest (Demisemi quaver) = istirahat 1/32 (1/8 ketuk)



setelah Thirty-second note, sebenarya ada lagi not berbendera 4 dan 5 (1/64 dan 1/128) tapi karena jarang dipakai dalam musik, jadi saya tidak membahasnya, mungkin kalian bisa memeriksanya di wikipedia.

DOTTED NOTE
adalah not yg terdapat titik kecil dibelakangnya. Penjelasannya:
not bertitik adalah not yg nilai pokoknya ditambah dgn nilai not dibawahnya.

Contoh:
jika not penuh (4 ketuk) terdapat titik dibelakang, maka nilainya ditambah dgn nilai not dibawahnya, yakni not 1/2 (2 ketuk), jadi not penuh bertitik nilainya menjadi 6 ketuk (4+2=6) dan begitu seterusnya untuk not-not yg lainnya.
Ada jg DOUBLE DOTTED note, yaitu titik kecilnya ada 2, maka tinggal dtambah lagi dgn not yg dibawahnya lagi, jd not penuh dgn 2 titik adlh 4+2+1= 7 ketuk

DOTTED NOTE
adalah not yg terdapat titik kecil dibelakangnya. Penjelasannya:
not bertitik adalah not yg nilai pokoknya ditambah dgn nilai not dibawahnya.
DOTTED NOTE
adalah not yg terdapat titik kecil dibelakangnya. Penjelasannya:
not bertitik adalah not yg nilai pokoknya ditambah dgn nilai not dibawahnya.



©  By : Jaga Cita
»»  READMORE...

Piano Lesson No.10

~Lesson No.10:

CIRCLE OF FOURTHs
tadi kita sudah mengetahui rumus mencari tangganada ber-# dengan CIRCLE OF FIFTHs, sekarang kita akan mencari tangganada ber-b seperti F major, Bb major Eb major, dst dengan menggnakan rumus CIRCLE OF FOURTHs.

Misal:
tangganada 1 mol (b) adalah F major,
kenapa F? Karena F adalah nada ke-4 dari C.
Setelah F, hitung nada ke-4 dari F, maka di dapat B, namun karena ini adalah tangganada mol (b), maka B-nya diberi b, lalu di dapat Bb, jadi Bb adalah tangganada 2b, setelah F major

CIRCLE OF FIFTH (Searah Jarum Jam)
CIRCLE OF FOURTH (Berlawanan arah Jarum Jam)


APPENDIX I:

SCALES (in #)

C major <relatif minor> a minor
(0#)

G major <> e minor
(1#: F#)

D major <> b minor

(2#: F#, C#)


A major <> fis minor

(3#: F#, C#, G#)


E major <> cis minor

(4#: F#, C#, G#, D#)


B major <> gis minor

(5#: F#, C#, G#, D#, A#)


Fis major <> dis minor

(6#: F#, C#, G#, D#, A#, E#)


Cis major <> ais minor

(7#: F#, C#, G#, D#, A#, E#, B#)




APPENDIX II:

SCALES (in b)

C major <relatif minor=""> a minor</relatif>
(0b)
[maaf, tidak ada gambar]


F major <> d minor

(1b: Bb)


Bes major <> g minor

(2b: Bb, Eb)

Es major <> c minor

(3b: Bb, Eb, Ab)


As major <> f minor

(4b: Bb, Eb, Ab, Db)


Des major <> bes minor

(5b: Bb, Eb, Ab, Db, Gb)


Ges major <> es minor

(6b: Bb, Eb, Ab, Db, Gb, Cb)


Ces major <> as minor

(7b: Bb, Eb, Ab, Db, Gb, Cb, Fb)


©  By : Jaga Cita
»»  READMORE...

Piano Lesson No.7-9

~LESSON NO.7:

MAJOR SCALE
Tangga nada major adalah tangga nada yg mempunyai rumus:

1-1-1/2-1-1-1-1/2

nomor-nomor tsb adalah jarak dari nada 1 ke nada berikutnya, contoh:

C ke D adalah 1 jarak,
D ke E 1 jarak, lalu
E ke F 1/2 jarak
dst

Ingat bahwa jarak 1/2 adalah jarak tengahan, seperti halnya jarak dari C ke C# (naik 1/2), karena antara nada E-F dan B-C tidak ada tuts hitam, maka mereka otomatis berjarak 1/2

JADI, TIAP TANGGANADA MAJOR APAPUN, SEMUANYA BERDASARKAN JARAK NADA (RUMUS) DIATAS.

Misal:

C Major
C D E F G A B c
1-1-1/2-1-1-1-1/2

G Major
G A B C D E F# G
1-1-1/2-1-1-1-1/2

semua sama kan...begitu juga tangga nada Major lainnya...semua berjarak/berumus sama...



~LESSON NO.8:

MINOR SCALE:
Tangganada minor adalah tangganada yang dimulai dari nada ke-6 relatif majornya, contoh:

relatif minor dari tangganada C major adalah a minor...
kenapa?
Karena nada A adalah nada ke-6 dari C...
dgn cara seperti ini, kalian akan dengan mudah mencari berbagai macam tangganada minor berdasarkan Majornya.

G major minornya adalah e minor, karena nada E adalah nada ke-6 dari G...begitu seterusnya..

Yang patut dicatat adalah, TANGGANADA MINOR MEMPUNYAI 3 JENIS, YAITU 'MINOR NATURAL', 'MINOR HARMONIC', dan 'MINOR MELODIC'.

Rumus minor Natural:
1-1/2-1-1-1/2-1-1
a b c d e f g a

minor Harmonic:
1-1/2-1-1-1/2-1-1/2-1
a b c d e f g# a

minor Melodic:
1-1/2-1-1-1-1-1/2
a b c d e f# g# a






~LESSON NO.9:

CIRCLE OF FIFTHs
untuk menentukan urutan tangganada ber-# seperti G major, D major, A major, dst, kita dapat menggunakan rumus CIRCLE OF FIFTHs, yang mana kita hanya tinggal hitung nada ke-5 dari tangganada yangg sudah ada.

Misal:
bagaimana mencari tangganada berikutnya setelah C major?
Hitung saja apa nada ke-5 dari C, yaitu G. maka setelah tangganada C major, berikutnya adalah G major dengan 1#. Setelah itu hitung nada ke-5 dari G, maka di dapat D, jadi D major adalah yang berikutnya dengan 2#. dst


CIRCLE OF FIFTH (Searah Jarum Jam)
CIRCLE OF FOURTH (Berlawanan arah Jarum Jam)



©  By :  Jaga Cita
»»  READMORE...

Piano Lesson No.4-6

~LESSON NO.4:

Selanjutnya latihan penjarian Piano untuk 1 oktaf atau lebih:

Penjarian 1 oktaf
C D E F G A B c
1 2 3 1 2 3 4 5 (kanan)
5 4 3 2 1 3 2 1 (kiri)

Penjarian 2 oktaf atau lebih
C D E F G A B c d e f g a b c
1 2 3 1 2 3 4 1 2 3 1 2 3 4 5 (kanan)
5 4 3 2 1 3 2 1 4 3 2 1 3 2 1 (kiri)

intinya jika lebih dari 1 oktaf, tangan kanan langsung pindah ke jari 1 di C tinggi, dan tangan kiri pindah ke jari 4 di D tinggi



~LESSON NO.5:

ACCIDENTAL
Accidental merupakan tanda yang menentukan Pitch (tinggi nada) dalam musik, apakah lebih tinggi atau lebih rendah setengah jarak. Tanda2 tsb dlambangkan seperti ini:

#= naik 1/2 jarak, namanya Sharp (indo: kres)
b= turun 1/2 jarak, namanya Flat (mol)
x= naik 1 jarak, Double Sharp (dobel kres)
bb= turun 1 jarak, Double Flat (dobel mol)
lalu terakhir ada tanda Natural, yaitu tanda yang mengembalikan pitch ke semula setelah dinaikkan atau diturunkan.

#= naik 1/2 jarak, namanya Sharp (indo: kres)
x= naik 1 jarak, Double Sharp (dobel kres)

nada yang diberi # belakangnya ditambahkan kata -is:
contoh: C# = Cis
nada yang diberi x belakangnya ditambahkan kata -isis:
contoh Cx = Cisis


b= turun 1/2 jarak, namanya Flat (mol)
bb= turun 1 jarak, Double Flat (dobel mol)

nada yang diberi b belakangnya ditambahkan kata -es:
contoh: Db = Des
nada yang diberi bb belakangnya ditambahkan kata -eses:
contoh Dbb = Deses

Natural, yaitu tanda yang mengembalikan pitch ke semula setelah dinaikkan atau diturunkan



nada C diberi #, maka menjadi C# (cis) maksudnya nada C di naikkan 1/2 jarak menjadi tuts hitam diatasnya..
nada B diberi b, maka menjadi Bb (bes), maksudnya nada B di turunkan 1/2 jarak menjadi tuts hitam dibawahnya

jika nada yg diberi #, maka akhiran nama nada tsb ditambah akhiran -is
contoh C# (cis)
jika nada yg diberi b, maka akhiran nama nada tsb ditambah akhiran -es
contoh Bb (bes)
jika diberi x, maka menjadi -isis
Cx (cisis),
jika diberi bb, maka menjadi -eses
Bbb (beses).



~LESSON NO.6:

biasanya bagi pianist pemula cenderung kesulitan dalam melatih keleluasaan jari Tengah, Manis dan Kelingkin, baik itu tangan kiri (jari 543) maupun kanan (jari 345), karena itu ke-3 jari ini disebut sebagai 'weak fingers' (jari lemah). nah untuk melatih kekuatan dan keleluasaan weak fingers ini, ada baiknya kalian melakukan penjarian 3 jari ini secara berulang-ulang, latihan terus menerus dari lambat hingga cepat bergantian tangn kanan lalu kiri, terakhir keduanya secara bersamaan.




©  By : Jaga Cita
»»  READMORE...

Piano Lesson No.1-3

~LESSON NO.1:

dalam Piano Classic, kedua tangan berfungsi seimbang, dan masing-masing jari dari keduanya mempunyai nomor jari, agar memudahkan penjarian kalian

TANGAN KANAN:
Jempol: no.1
Telunjuk: no.2
Tengah: no.3
Manis: no.4
Kelingking: no.5

TANGAN KIRI:
Kelingking: 5
Manis: 4
Tengah: 3
Telunjuk: 2
Jempol: 1

jadi jika bergerak searah dari Kiri ke Kanan (naik), urutannya menjadi
KANAN: 12345
KIRI: 54321



~LESSON NO.2:

untuk melatih Penjarian dr Lesson 1 tadi, ada baiknya kita melatih jari-jari itu naik-turun dimulai dr nada C tengah/do (kanan jari 1/kiri jari 5) hingga nada G/sol (kanan jari 5/kiri jari 1) (middle C terletak dibawah 2 tuts hitam) lalu kembali ke C lagi secara berulang-ulang, pertama-tama lambat, lalu semakin cepat...dilakukan bergantian, pertama tangan kanan, lalu tangan kiri...terakhir secara bersamaan hingga lancar berbarengan...




~LESSON NO.3:

dalam 1 oktaf, terdapat 7 nada yang masing-masing mempunyai nama:
1 2 3 4 5 6 7
C D E F G A B

Setelah nada ke-7, lalu kembali lagi ke nada ke-1 (C) namun dengan pitch (tinggi nada) yang lebih tinggi (biasanya ditandai dengan titik diatas nada atau menjadi huruf kecil) sehingga menjadi lengkap 8 nada (oktaf=8), selanjutnya siklus 7 nada ini akan berulang-ulang terus sepanjang papannada piano.

G CLEF (TREBLE CLEF)

F CLEF (BASS CLEF)


C CLEF (ALTO CLEF)

Note G4 Position on G CLEF

Note F3 Position on F CLEF

Note C4 Position on C CLEF


Name of the Notes on G & F CLEF






jika dijadikan Piano, menjadi seperti ini:

C (C#) D (D#) E F (F#) G (G#) A (Bb) B C

[yang ditanda kurung adalah tuts hitam di piano]



©  By : Jaga Cita
»»  READMORE...

Rabu, 20 Juni 2012

The Word [OST DeathNote]




Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri

Aishita yue ni mebaeta aku no hana

Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai kara



Kajitsu ga tsugeta mirai

Risei wo wasureta machi

Kuroku yuganda ima wo

Yume, risou ni kaeru



Doushite? Boku wa kowareta Messiah?

Dare mo ga nozonda "owaru" wo...



Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri

Aishita yue ni mebaeta aku no hana

Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai



Itsuka boku ga misete ageru

Hikari kagayaku sora wo



Doushite? Boku wa kowareta Messiah?

Dare mo ga yume mita "rakuen" wo...



Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri

Aishita yue ni mebaeta aku no hana

Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai



Itsuka boku ga misete ageru

Hikari kagayaku sekai wo

Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri




Aishita yue ni mebaeta aku no hana



Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai kara



Kajitsu ga tsugeta mirai

Risei wo wasureta machi

Kuroku yuganda ima wo

Yume, risou ni kaeru



Doushite? Boku wa kowareta Messiah?

Dare mo ga nozonda "owaru" wo...



Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri

Aishita yue ni mebaeta aku no hana

Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai



Itsuka boku ga misete ageru

Hikari kagayaku sora wo



Doushite? Boku wa kowareta Messiah?

Dare mo ga yume mita "rakuen" wo...



Hirogaru yami no naka kawashiatta kakumei no chigiri

Aishita yue ni mebaeta aku no hana

Kore kara saki otozureru de arou subete wo

Dare ni mo jama saseru wake ni wa ikanai



Itsuka boku ga misete ageru

Hikari kagayaku sekai wo
»»  READMORE...